Rabu, 26 Mei 2010

Waspadai Perubahan Perilaku Nyamuk “Aides Aigepty”

Perubahan perilaku nyamuk Aides Aigepty merupakan salah satu faktor yang perlu di waspadai warga agar bisa menekan penyebaran penyakit demam berdarah dengue. Perubahan perilaku tersebut meliputi habitat, kemampuan terbang, dan juga waktu menggigit.

“Dulu nyamuk pembawa virus DBD dikenal menyukai air jernih, tetapi belakangan ditemukan pula di air kotor,” kata Kepala Subbidang Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi Banten Dendi di Serang, Provinsi Banten.

Sebelumnya, diketahui juga bahwa nyamuk Aides Aigepty terbiasa menggigit pada pagi hari, yakni sekitar pukul 10.00, dan pada sore hari antara pukul 14.00 dan 18.00. namun, nyamuk itu sekarang juga menggigit pada malam hari. Selain akibat mutasi gen, perubahan perilaku nyamuk dimungkinkan sebagai bentuk adaptasi serangga itu terhadap lingkungan dan faktor lainnya yang juga berubah.

Untuk pencegahannya, warga diminta untuk menghilangkan sarang nyamuk, memasang kasa anti nyamuk di lubang ventilasi, tak menggantung pakaian, dan selalu mencermati agar gorden tidak menjadi tempat nyamuk menempel.

Di Kota Depok, warga mencemaskan penyebaran DBD. “Warga meminta fogging di Cimanggis dan Sawangan. Kami masih mengupayakan,” tutur Kepalaa Bidang Pencegahan Penanggulangan Penyakit dan Lingkungan Dinas Kesehatan Depok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar